Jumat, 01 Juni 2018

Green Supply Chain Management (GSCM)

Manajemen Rantai Pasokan Hijau atau Green Supply Chain Management (GSCM) merupakan suatu kegiatan yang mengintegrasikan konsep lingkungan dalam manajemen rantai pasok industri. Tujuan GSCM adalah meminimalkan atau menghilangkan limbah yang berakibat polusi yang ditimbulkan pada sepanjang rantai pasok. GSCM berperan penting dalam mempengaruhi langsung dampak lingkungan.

Konsep GSCM meliputi aktivitas reuse, remanufacturing, reclamation, recycling, dan sebagainya. Saat ini produsen mulai mengadopsi praktik kerja yang memperhatikan lingkungan (green practices).

Skema GSCM

- Green purchasing practices merupakan praktik pemasokan barang bahan baku dari supplier yang telah memiliki kompetensi lingkungan. Sehingga bahan yang didapatkan beserta kemasannya bersifat ramah lingkungan. Proses pengiriman juga meminimalisir penggunaan energi, dan proses pembelian dilakukan secara elektronik yang tidak menggunakan kertas.

- Green manfacturing merupakan proses produksi dengan menggunakan material yang tidak berdampak besar pada lingkungan, efisien, dan hanya menghasilkan sedikit limbah atau polusi. Standar dalam penerapannya yaitu tidak adanya potensi dalam masalah keamanan, ancaman kesehatan, dan pencemaran lingkungan selama proses produksi. Green manufacturing melingkupi produk dan kemasan.

- Green distribution practices sangat erat kaitannya dengan penggunaan kemasan produk, dikarenakan aspek dalam kemasan mempengaruhi proses distribusi. Praktik yang dapat dilakukan adalah melakukan distribusi secara masal bersamaan dengan menggunakan kendaraan yang memakai bahan bakar alternatif dan langsung dikirimkan pada konsumen, sehingga menggunakan energi paling minimum.

- Reverse logistics merupakan praktik mengumpulkan kembali produk yang telah digunakan oleh konsumen dengan tujuan remanufacturing atau melakukan proses pembuangan dengan tepat. Praktik ini dilakukan untuk produk akhir dan material kemasan yang pengaplikasiannya dilakukan untuk upstream dan downstream rantai pasok.

- Re-active practices merupaan peraturan dan regulasi yang dibuat oleh pemerintah dan/atau organisasi mengenai lingkungan dan seputar GSCM.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Food Technology World - Surya University Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates