Selasa, 12 Juni 2018

Hubungan SSCM dan BoP

Supply Chain atau Rantai Pasok adalah sebuah tahapan aktivitas yang terdiri atas komponen supplier, manufacturer, distribution center, wholesaler, dan retailer. Ketiga komponen ini bekerja untuk memenuhi permintaan konsumen. Manajemen dalam rantai pasok merupakan aktivitas yang dirangkai untuk mencapai keefektifan dalam rantai pasok.

Sustainable Supply Chain Management (SSCM) merupakan hasil integrasi rantai pasok dengan mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan antar organisasi untuk pengolahan bahan, informasi, dan modal secara efisien dan efektif. SSCM meliputi penggunaan sumber daya alam, emisi, kesejahteraan hewan, kesehatan konsumen, kualitas dan keamanan pangan, kondisi etika di tempat kerja, dan keterjangkauan konsumen.

Based of The Pyramid (BoP) merupakan kegiatan yang mengacu pada kewirausahaan untuk pembangunan dan pemberantasan kemiskinan. BoP dapat diinterpretasikan dalam 2 definisi, yaitu:
- Konsumen perusahaan besar baik itu multinasional atau tidak yang berada pada bagian dasar piramida ekonomi memberikan keuntungan terhadap produk atau layanan yang terjangkau sehingga mampu mengatasi masalah kemiskinan.
- Orang miskin merupakan produsen yang dapat berperan sebagai mitra bisnis.
Tujuan BoP adalah pembangunan berkelanjutan dengan cara meningkatkan pendapatan atau standar hidup rakyat miskin.

SSCM dan BoP memiliki sifat dan latar belakang yang berbeda. BoP berfokus pada model bisnis tertentu di lingkuungan negara berkembang, sedangkan SSCM merupakan konsep menyeluruh antar kegiatan bisnis untuk menganalisis dan mengelola kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan kinerja yang komprehensif.
Fokus utama BoP ditempatkan pada masyarakat yang kurang mampu sebagai konsumen. SSCM dan BoP bekerja sama dalam tiga dimensi berkelanjutan (triple bottom line) yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan. Hubungan yang paling menonjol antara BoP dan SSCM dapat ditemukan dalam desain dan operasi rantai suplai.

Rantai pasok yang berkelanjutan ini menggabungkan tujuan lingkungan seperti: pengurangan emisi dengan tujuan sosial seperti penciptaan nilai lokal atau peningkatan gizi, dengan margin profitabilitas yang berkurang tetapi masih layak. SSCM dapat membantu fokus proyek-proyek BoP saat ini pada garis dasar ganda seperti sosial dan ekonomi, dengan dimensi keberlanjutan lingkungan yang sejauh ini masih terabaikan. Kemudian rantai pasokan BoP dapat menunjukkan jalan untuk mengintegrasikan domain sosial ke dalam teori dan praktik SSCM secara umum.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Food Technology World - Surya University Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates