Senin, 17 September 2018

Sweet Sustainable Solution in North Sulawesi

Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang masih terpencil, 50% penduduk Sulawesi Utara masih belum menggunakan listrik untuk kegiatan sehari-harinya dan sebanyak 1/3 penduduk Sulawesi Utara tidak memiliki pekerjaan. Tetapi pernahkah kamu menyangka bahwa terdapat teknologi pengolahan gula aren zero waste di Sulawesi Utara?

Alam Indonesia menyediakan sumber daya alam yang tidak terbatas bagi masyarakatnya. Di Sulawesi Utara banyak terdapat pohon palem (Arenga pinnata) yang dimanfaatkan masyarakat menjadi lebih dari 60 produk yang berbeda. Produk utama dari pohon palem adalah gula aren. Pohon palem sendiri memiliki produktivitas yang sangat tinggi, yang dapat memproduksi sugar juice sepanjang tahun.

Willie Smits, seorang peneliti lingkungan dengan pengalaman di hutan tropis selama lebih dari 30 tahun, mencari cara untuk memanfaatkan pohon palem tersebut secara maksimal. Beliau membuat pabrik yang dapat mensejahterakan masyarakat melalui produksi gula aren. Selain itu, pabrik yang dibuat menerapkan metode zero waste sehingga menyediakan banyak kebutuhan infrastruktur masyarakat melalui teknologi yang sederhana tetapi efisien.

Pemasakan gula aren menggunakan rocket stove yang efisien, sehingga mengurangi penggunaan kayu bakar dan mengeliminasi asap yang dihasilkan yang dapat membahayakan kesehatan dan menjadi polusi. Sugar juice yang dibawa dapat menghasilkan bioethanol dan sirup.

Proses produksi bioethanol dilakukan dengan menuang jus ke dalam fermentor dan ditambahkan ragi, sehingga ragi akan menghasilkan etanol. Etanol kemudian diekstraksi dengan distilator. Bioethanol dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, sehingga dapat menyelesaikan masalah di daerah terpencil. Bioethanol juga dapat digunakan sebagai lampu dan bahan bakar untuk memasak.

Byproduct dari produksi bioethanol juga dimanfaatkan. Karbon dioksida hasil produksi bioethanol dikumpulkan dan dikirimkan ke kolam algae. Algae tersebut kaya protein sehingga sangat dapat digunakan sebagai pakan hewan ternak. Kemudian gas metana juga dimanfaatkan dalam alat distilator. Sisa slurry digunakan sebagai pupuk algae maupun sawah. Hal ini juga mencegah emisi ke atmosfer.

Produksi sirup juga akan menghasilkan byproduct berupa uap air hasil evaporasi sugar juice.  Uap air tersebut dikumpulkan dan dikondensasi menjadi air yang dipurifikasi menjadi air minum. Produksi energi dilakukan dengan membakar kayu yang dapat memenuhi kebutuhan listrik penduduk. Arang hasil pembakaran kayu tersebut digunakan sebagai filter air minum.

Untuk gambaran lengkapnya, kalian bisa menontonnya di video berikut ini :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Food Technology World - Surya University Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates