Sabtu, 29 September 2018

Honolulu Fish Company

Honolulu Fish co. Processing adalah salah satu perusahaan di Hawaii yang menyediakan berbagai jenis ikan Hawaii yang berkualitas. Terdapat 2 jenis filet ikan yang dijual, yaitu Natural Cut dan Signature Cut. Natural cut adalah filet ikan yang masih memiliki kulit dan bloodline, sedangkan signature cut adalah filet ikan yang masih memiliki kulit dan dibersihkan bagian bloodline-nya. Tujuan perusahaan ini adalah konsumen mendapatkan kesegaran ikan optimum dan perusahaan juga mengurangi limbah dan pemborosan sumber daya alam. Ikan yang disediakan oleh Honolulu Fish co. Processing antara lain bigeye tuna (Thunnus obesus), ikan gindara (Lepidocybium flavobrunneum), dan ikan salmon Chinook (Oncorhynchus tshawytscha).

Contoh potongan Natural Cut

Contoh potongan Signature Cut

Hal pertama yang dilakukan dalam pengolahan ikan segar adalah pembersihan dan pemotongan. Pemotongan yang dilakukan harus menggunakan pisau yang tajam agar terbentuk potongan yang rapi. Pemotongan dilakukan untuk membuang bagian-bagian yang tidak diinginkan seperti kepala, sirip, daging gelap, dan tulang. Kemudian ikan dibagi menjadi 4 bagian.

Pengemasan pun juga harus diperhatikan untuk menjaga kualitas ikan selama proses penyimpanan dan distribusi. Ikan disimpan dengan absorbent pad, plastik vakum, ice gel, mylar, dan styrofoam yang bertujuan untuk mencegah aktivitas mikroorganisme dan reaksi kimia.

Kemasan Honolulu Fish Company


Proses pengolahan Honolulu Fish Company dapat dilihat di video berikut:


0 komentar:

Posting Komentar

 

Food Technology World - Surya University Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates