Jumat, 04 September 2015

Pengolahan Makanan - week 2

Halooooo :D
Setelah minggu pertama kuliah sekaligus hari pertama mata kuliah Pengantar Teknologi Pangan yang diisi dengan perkenalan, tidak terasa sudah memasuki minggu kedua kuliah dan kali kedua mengikuti PTP.
Kali ini kelas NFT-A 2015 membahas tentang Pengolahan Makanan bersama dosen kami, Dr. Albert Kuhon.



Singkatnya, dalam pengolahan makanan akan melewati beberapa proses, seperti :
  • Pengeringan
  • Pemotongan
  • Pengawetan (garam, sterilisasi, fermentasi, pengasapan)
  • Pengemasan
  • Pencucian
  • Pemilahan
  • Pemanasan / Pendinginan
Pengeringan. Dalam proses pengeringan, kita dapat merubah suatu produk menjadi produk lainnya yang dapat digunakan pada saat yang berbeda. Contohnya : dengan mengeringkan singkong tumbuk, kita akan mendapatkan tepung tapioka yang dapat digunakan dalam pembuatan kue.

Pemotongan. Pemotongan dapat dilakukan secara manual maupun dengan menggunakan teknologi. Tentunya di zaman yang sudah modern ini, orang akan lebih memilih memotong dengan bantuan alat, karena selain lebih cepat, juga tidak diperlukan energi yang terlalu banyak. Pemotongan dilakukan pada produk mentah maupun produk jadi seperti hewan ternak, kentang, dan roti.

Pemilahan. Banyak produk makanan yang harus dipilah-pilah terlebih dahulu sebelum dapat diproses. Contohnya adalah biji kopi yang harus dipilah berdasarkan warna. Pemilahan biji kopi ini dilakukan dengan alat yang menggunakan sensor warna. Contoh lainnya adalah buah nanas. Buah nanas harus dipilah berdasarkan ukuran agar dapat memasuki proses pengalengan.

Pemanasan. Proses pemanasan makanan dilakukan untuk sterilisasi makanan dan untuk mendapatkan ekstrak dari makanan tersebut.

Pendinginan. Proses pendinginan memiliki manfaat untuk mengawetkan makanan. Selain itu proses pendinginan juga dilakukan pada makanan dingin seperti es krim.

Pencucian. Pencucian dilakukan untuk mendapatkan zat murni dari produk makanan juga untuk memisahkan makanan dari zat pengotor.

Demikian kira-kira materi yang saya dapatkan di minggu kedua mata kuliah PTP. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Salam, Indonesia Jaya! :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Food Technology World - Surya University Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates