Selasa, 08 September 2015

Pemerahan Susu - Week 3

Di pertemuan minggu ketiga, di kelas PTP kita diberikan materi Bahan Pangan. Akan tetapi, sebelum memasuki materi tersebut kami me nonton video mengenai pemerahan susu sapi dengan menggunakan mesin. Apa saja tahapan-tahapan pemerahan susu sapi dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan?

Pemerahan susu secara modern terdiri dari 9 tahap, yaitu :
1. Mengurangi stress pada sapi
2. Memakai sarung tangan
3. Membersihkan sapi
4. Test
5. Pre-dip
6. Mengeringkan
7. Memasang alat
8. Melepaskan alat
9. Post-dip
Kesembilan tahap ini harus selesai dilakukan maksimal 2 jam.

Tahap pertama, tidak boleh membuat sapi stress dengan memaksa dia berpindah tempat atau lingkungan yang tidak baik. Apabila sapi stress, dia akan mengeluarkan hormon oxytocin yang akan berpengaruh pada jumlah susu yang diproduksi sapi menjadi sedikit.
Tahap kedua, yang mengurus sapi harus memakai sarung tangan latex atau nitrile. Sarung tangan jenis ini memiliki sifat hangat, sehingga ketika menyentuh sapi tidak akan terasa dingin. Memakai sarung tangan sangat penting agar bakteri atau penyakit dari tangan manusia tidak akan berpindah ke sapi. Contoh penyakit yang berbahaya adalah eksim pada tangan manusia, yang jika tertular akan menyebabkan sapi luka-luka.
Tahap ketiga, membersihkan treats sapi agar bakteria tidak masuk ke dalam susu. Membersihkan treats dapat menggunakan handuk atau kain, tetapi apabila terdapat kotoran yang sulit dihilangkan diperlukan menggunakan air.
Tahap keempat yaitu test dengan memerah susu sapi sekali saja. Hal ini akan menstimulasi susu agar dapat keluar. Tahap ketiga ini berdurasi selama 10-20 detik.
Tahap kelima, pre-dip. Tahap ini mensterilisasi treats sapi dengan cairan anti bakteri. Setelah dicelupkan, diamkan selama 30 detik.
Tahap keenam, mengeringkan treats sapi dari cairan anti bakteri menggunakan handuk ata kain. Jangan memakai kain yang sama lebih dari sekali dan jangan digunakan pada dua sapi atau lebih. Handuk atau kain sebaiknya disterilisasi menggunakan air yang bersuhu 140 derajat Farenheit.
Tahap ketujuh, memasangkan alat pemerah susu pada treats sapi. Rentang interval waktu antara tahap ketiga dan tahap ini harus selama 1-1.5 menit.
Tahap kedelapan, setelah susu selesai diperah alat pemasang susu dilepaskan. Hal ini untuk mencegah over-milking.
Tahap kesembilan, post-dip. Tahap ini juga bertujuan untuk membunuh bakteri. Di tahap ini cairan anti bakteri tidak harus dicelupkan, tetapi bisa juga disemprotkan.

Semua proses dalam pemerahan susu harus steril, selain itu setiap hari sapi harus diperah pada waktu yang sama.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Food Technology World - Surya University Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates