Jumat, 26 Oktober 2018

Petani Kecil

Pernahkah terpikir bahwa 70 persen dari konsumsi kalori global terpenuhi oleh petani kecil? Apa yang terjadi bila tidak ada petani kecil? Mungkin 70 persen penduduk di dunia akan kelaparan. Bagaimana caranya petani-petani kecil yang saat ini banyak yang hidup dalam kemiskinan berperan besar dalam memberi makan masyarakat?

Hasil gambar untuk petani kecil

Penelitian yang dilakukan oleh Samberg et al. (2016) dalam jurnalnya yang berjudul "Subnational Distribution of Average Farm Size and Smallholder Contributions to Global Food Production" menunjukkan peran petani kecil di berbagai negara, khususnya negara berkembang (Amerika Latin, Afrika sub-Sahara, Asia). Metode yang digunakan adalah mengambil database yang tersedia dan ditabulasikan agar mendapatkan data di negara yang tidak tersedia data.

Pertanian kecil menyumbang lebih dari 80 persen produksi beras global, 75 persen produksi global kacang tanah dan kelapa sawit, hampir 60 persen dari produksi global millet dan ubi kayu. pokok. 50 persen produksi sereal global terjadi di negara berkembang, termasuk 86 persen beras dan 67 persen millet.

Hasil gambar untuk serealia

Akan tetapi, petani kecil masih banyak menghadapi masalah kemiskinan. 2/3 dari total masyaraka miskin merupakan petani kecil. Hal ini dikarenakan kurangnya akses ke pedesaan yang merupakan tempat tinggal petani kecil, sehingga petani kesulitan untuk mengakses pasar, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Melihat hal ini, tentu menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat untuk lebih memperhatikan petani kecil.

Pada tahun 2013, The High Level Panel of Experts on Food Security and Nutrition di bawah naungan FAO menerbitkan laporan yang berjudul “Investing in smallholder agriculture for food security” untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya investasi pada pertanian kecil. Investasi dalam berbagai bentuk merupakan salah satu faktor yang berperan penting untuk meningkatkan produktivitas dan mengkompensasi kelangkaan lahan. Investasi pada pertanian kecil juga berperan dalam ketahanan pangan.

Di Indonesia sendiri terdapat UU Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. UU ini diterbitkan karena adanya kesadaran petani belum memperoleh perlindungan dan petani kecil seringkali dianggap remeh sebagai indikasi ketidaktahuan dan ketidakpedulian masyarakat, padahal mayoritas petani di Indonesia adalah petani kecil dan pertanian kecil merupakan kontributor utama dalam pemenuhan kalori global.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Food Technology World - Surya University Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates